The Effect of Shopping Orientations, Store Trust and Promotion on the Purchase Decision of Generation Z at Gramedia Padang Book Store

Authors

  • Henryanto Abaharis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP”Padang
  • Amelia Love Tanzah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP”Padang

DOI:

https://doi.org/10.46306/bbijbm.v3i3.70

Keywords:

Shopping Orientation, Store Trust, Promotion

Abstract

Gramedia is a retail store for books and stationery and various school and office needs that has a comfortable and modern feel. Gramedia bookstore as one of the largest bookstores in Indonesia has a wide selection of products that are attractive to the public. The Gramedia bookstore has succeeded in positioning itself not only as a bookstore, but as a store that provides the most complete stationery and various academic needs in Indonesia. The purpose of this study was to determine the effect of shopping orientations, store trust and promotion on the purchasing decisions of Generation Z at the Gramedia Padang bookstore. The method used in this study using quantitative methods, namely multiple linear regression on shopping orientations, store trust and promotion. The types and sources of data used in this study used primary data which was processed using the SPSS application. From the results of the analysis of shopping orientations obtained a significant value of tcount from ttable, then the hypothesis (H1) in this study was declared rejected. The results of the analysis of the second and third variables obtained a significant value of tcount from ttable, then the hypothesis is declared accepted. Based on the results obtained, it can be concluded that shopping orientations have no and significant effect on purchasing decisions and store trust and promotion variables have a positive and significant effect on purchasing decisions. then the hypothesis (H1) in this study was declared rejected. The results of the analysis of the second and third variables obtained a significant value of tcount from ttable, then the hypothesis is declared accepted. Based on the results obtained, it can be concluded that shopping orientations have no and significant effect on purchasing decisions and store trust and promotion variables have a positive and significant effect on purchasing decisions. then the hypothesis (H1) in this study was declared rejected. The results of the analysis of the second and third variables obtained a significant value of tcount from ttable, then the hypothesis is declared accepted. Based on the results obtained, it can be concluded that shopping orientations have no and significant effect on purchasing decisions and store trust and promotion variables have a positive and significant effect on purchasing decisions

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhini dan Khuzaini (2017) kepercayaan adalah pondasi dari suatu bisnis

Aribowo dan Nugroho (2013) store trust berperan sebagai katalis dalam berbagai transaksi antara penjual dan pembeli agar kepuasan konsumen dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan.

Aribowo dan Nugroho (2013) store trust berperan sebagai katalis dalam berbagai transaksi antara penjual dan pembeli agar kepuasan konsumen dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan.

Hana, 2019 menggambarkan konsep orientasi belanja sebagai gaya hidup berbelanja atau gaya berbelanja yang menempatkan penekanan pada aktivitas berbelanjanya.

Li et al dalam Ling (2010), membuat konsep orientasi belanja sebagai bagian tertentu dari gaya hidup pembelanja yang mencakup aktivitas berbelanja, pendapat, dan minat.

Lotje Kawet dan Imelda Ogi (2015) menyimpulkan hasil penelitiannya secara simultan bahwa kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Samuel (2006) menggambarkan orientasi belanja sebagai sesuatu yang kompleks dan mempunyai fenomena multidimensional (motif, kebutuhan, ketertarikan, kondisi ekonomi, dan kelas sosial) dan dimensi perilaku pasar (pilihan sumber informasi, perilaku panutan, dan atribut toko).

Siagian dan Cahyono, 2014 Kepercayaan toko didefinisikan sebagai harapan toko bahwa penyedia jasa dapat dipercaya atau diandalkan dalam memenuhi janjinya

Sriyanto & Kuncoro, 2019 Uji multikolonieritas digunakan untuk menguji apakah model regresi terdapatkorelasi antar variabel independen. Indikator yang digunakan dalam uji multikolonieritas.

Sugiyono, (2017) Regresi linear berganda adalah salah satu cara atau teknik analisa data yang kebanyakan digunakan oleh peneliti dengan menggunakan pendekatan penelitian.

Sugiyono, (2017) Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, yang mana uji t bertujuan untuk mengetahui apakah variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen secara parsial.

Sugiyono, 2017 Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling yaitu sebagian populasi dijadikan sampel.

Sugiyono, 2017 Uji heteroskedastisitas digunakan untuk menguji adanya perbedaan varians dari residual suatu pengamatan ke pengamatan yang lainnya.

Suhari, (2011) Unsur kepercayaan toko (store trust) merupakan variabel kunci bagi kesuksesan hubungan bisnis.

Suhari, 2011 Unsur kepercayaan toko (store trust) merupakan variabel kunci bagi kesuksesan hubungan bisnis.

Suryana (2001:112), “Promosi adalah cara mengkomunikasikan barang dan jasa yang ditawarkan supaya konsumen mengenal dan membeli”.

Swastha dan Irawan (2008) keputusan pembelian adalah pemahaman konsumen tentang keinginan dan kebutuhan akan suatu produk dengan menilai dari sumber-sumber yang ada dengan menetapkan tujuan pembelian serta mengidentifikasi alternatif sehingga pengambil keputusan untuk membeli yang disertai dengan perilaku setelah melakukan pembelian.

Wardoyo dan Andini (2017) kepercayaan merupakan suatu keyakinan bahwa pembeli dapat mempercayai kemampuan si penjual.

Widiyanto (2013) Kepercayaan toko (store trust) merupakan pondasi dari bisnis yang merupakan cara untuk menciptakan dan mempertahankan konsumen

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Abaharis, H. ., & Tanzah, A. L. . (2023). The Effect of Shopping Orientations, Store Trust and Promotion on the Purchase Decision of Generation Z at Gramedia Padang Book Store. Bina Bangsa International Journal of Business and Management, 3(3), 296–313. https://doi.org/10.46306/bbijbm.v3i3.70