THE EFFECT OF PRICE AND PRODUCT QUALITY ON THE DECISION TO BUY A LAPTOP BRAND ACER STUDENT STIE "KBP" PADANG

Authors

  • Septika Olanda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP”
  • Juarsa Badri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP”

DOI:

https://doi.org/10.46306/bbijbm.v2i1.38

Keywords:

Price, Production Quality, Purchase Decision

Abstract

This study aims to determine (1) the effect of price on laptop purchasing decisions, (2) product quality affect laptop purchasing decisions, (3) price and product quality affect laptop purchasing decisions. The variables in this study are the independent variables, namely price (X₁) and product quality (X₂) and the dependent variable (Y) namely purchasing decisions. This study uses a quantitative research design with multiple linear regression data analysis.

The results of the research that From the calculation of the t test, it can be seen that for X₁, t significant value is 0.038 <0.05 for N = 94, so the conclusion is that the hypothesis can be accepted or proven true for the price variable (X₁).  So it can be stated that there is a negative and significant influence between price and purchasing decisions.  While the t test for X₂, the significant value is 0.018<0.05 for N = 94, the conclusion is also the hypothesis is accepted for the product quality variable (X₂).  So it can be stated that there is a positive and significant influence between product quality and purchasing decisions

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, F. I. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung-Warung Pecel Di Blitar. Jmm Unram - Master of Management Journal, 6(2). https://doi.org/10.29303/jmm.v6i2.127

Alifia, H. N., & Lutfie, S. H. E. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kaos Kaki Pada Pt. Soka Cipta Niaga Pada Tahun 2018 the Effect of Price and Product Quality on Purchase Decisions of Socks Product At Pt. Soka Cipta Niaga in 2018. 4(2), 388–395.

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.

Andanawari, anindya rachma. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal PLANS : Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 12(2). https://doi.org/10.24114/plans.v12i2.9579

Arianto, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12.

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4075

Citra, T., & Santoso, S. B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Cetakan Continuous Form Melalui Kepercayaan Merek (Studi pada Percetakan Jadi Jaya Group, Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 13(1), 67.

https://doi.org/10.14710/jsmo.v13i1.13414

Devi, L. kurnia intan. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Skripsi.

Febrinaz, F. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus Pada Mahasiswa (i) Fakultas Ekonomi

dan Bisnis Islam UIN Alauddin dalam Perspektif Ekonomi Islam.

Nhk技研, 151(2), 10–17.

Istikana. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pelita Bangsa) SKRIPSI.

Kristian, D., & Widayanti, R. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Mahasiswa Kampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 16(1), 97301.

Lubis. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. 16(02), 1–11.

Kotler. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Budhi Satrio Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(12), 15 0f 15.

Mufa. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabana Fried Chicken. Αγαη, 8(5), 55.

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1). https://doi.org/10.30813/jbam.v10i1.870

Priyatno, D. (2016). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis.

Putra. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Indralaya. 1(1), 1–64.

http://www.nutricion.org/publicaciones/pdf/prejuicios_y_verdades_sobre_grasas. pdf%0Ahttps://www.colesterolfamiliar.org/formacion/guia.pdf%0Ahttps:// www.colesterolfamiliar.org/wp-content/uploads/2015/05/guia.pdf

Rahmawaty, P. (2015). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sari Roti. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 82–89. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11788

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Triyanti, N., & Prastyani, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Laptop ACER Melalui Citra Merek. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12.

U. Fadilah. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada “Cafe Bima” Bandung Tulungagung. Simki- Economic, 01(10), 1–14.

Azhari, R. D., & Fachry, M. F. (2020). Pembelian Batik Karawang Di Ramayana Mall , Karawang.Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara,2(1), 37–44.

Dewantoro, R., & Farida, I. (2017). Pengaruh Strategi Promosi, Kualitas Produk Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Tas Dan Dompet Maju Jaya Promotion Home Industry. Marketing, pengaruh strategi promosi, 13.

Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 441. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p17

Fitantina, DS, Y. M., & Annanta, M. A. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Muhammadiyah Palembang (Ump). Motivasi Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1).

Fitri, K. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap keputusan Pembelian Produk Handphone Nokia E e series.Jurnal Manajemen, 100, 1–13.

Fitriani, W. (2020). Artikel Pengenalan Sistem Informasi. https://doi.org/10.31219/osf.io/tr4m7

Keller., K. dan. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. 14–46.

Komariah, N. (2017). Hubungan antara promosi terhadap keputusan pembelian oppo smartphone f1s (survey pada sanggar diklat tari taman mini indonesia indah).

Kotler, A. (2001). prinsip-prinsip pemasaran (W. C. Kristiaji (ed.)). Kotler, K. dan. (2016). Marketing Management.

Kotler, P. (2008). Manjemen pemasaran. In Jurnal Penelitian Lanjutan dalam Sistem Dinamis dan Kontrol (Vol. 11).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008).

Philip_Kotler_Manajemen_Pemasaran_Edisi.pdf (p. 19).

Mandey, J. B. (2013). Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild, 1(4), 9. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Marisa, N. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Kawasan Perumahan Mustika Plamongan Elok Semarang.Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 12(3), 301–316.

Marlius, D. (2016).Pengaruh bauran pemasaran jasa pada bank nagari cabang muaralabuh.Jurmak, 3(1), 12–22.

Pertiwi, M. I., Yulianto, E., & Sunarti. (2016). ( Survei pada Konsumen Baker ’ s King Donuts & Coffee di MX Mall Malang ).Administrasi Bisnis, 37(1), 179– 186.

Philp, K. (2002). Analisis Manajemen Pemasaran , Perencanaan, Impementasi dan Pengendalian. 1(3), 89.

Riau Rahmat Hidayat. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pada Pembeli Gula Aren Sawit di desa Simpang Empat Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Sergai Provinsi Sumut). 1–2.

Riyono, & Gigih Erlik Budiharja. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal Stie Semarang, 8(2), 92–121.

Samad, A., & Wibowo, I. (2016). Pengaruh Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Specs di Kota Bekasi.Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(3), 1–9.

Sucianto Tjia, H., & Kadafi, Ma. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan distribusi terhadap keputusan pembelian The effect of product quality and distribution prices on purchasing decisions. 14(2), 92–97.

Sugiyono, P. D. (2017a). metode penelitian bisnis ( suryandari sofia Yustiyani (ed.); edisi 3).

Sugiyono, P. D. (2017b). metode penelitian kebijakan.

Tjioptono, F. (2012). Pengertian Distribusi. STrategi Pemasaran, 394.

Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(1), 136–146.

Utami, U. T. (2018). Pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada kedai nasi oplos pak aah skripsi.

Ipan Ginanjar & Juarsa Badri. (2019). Pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian roti rima di kota padang. 1, 488–500. https://doi.org/10.6084/m9.figshare.8306681

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Olanda, S. ., & Badri, J. . (2022). THE EFFECT OF PRICE AND PRODUCT QUALITY ON THE DECISION TO BUY A LAPTOP BRAND ACER STUDENT STIE "KBP" PADANG. Bina Bangsa International Journal of Business and Management, 2(1), 26–40. https://doi.org/10.46306/bbijbm.v2i1.38